Pages

Souffle


Persis seperti balon, soufflé yang baru keluar dari oven akan menggembung sempurna namun mengempis beberapa saat jika terkena udara. Karena itulah, banyak yang bilang membuat soufflé itu susah. Benarkah demikian?

Soufflé (baca: suflé) adalah cake yang banyak menggunakan putih telur sehingga ringan dan mengembang. Dalam Bahasa Perancis, kata soufflé adalah bentuk lampau dari souffler yang berarti memompa, persis seperti bagian atasnya yang menggembung.

Soufflé berbentuk silinder dan berwarna putih kekuningan hingga cokelat. Cake ini bisa
disajikan sebagai menu utama yang gurih asin, namun bisa juga dijadikan makanan penutup yang manis. Keju, selai, buah, berry, cokelat, pisang, dan lemon biasanya digunakan untuk memberi rasa pada soufflé.

Ada dua bahan utama yang wajib ada dalam adonan soufflé, yakni crème pâtissière base a la Perancis (pure atau saus krim yang diberi rasa), serta putih telur yang dikocok hingga menjadi mengembang lembut.Base berfungsi untuk memberi rasa, sementara putih telur berguna untuk membuat cake menggembung bertekstur ringan.

Umumnya, adonan soufflé dimasukkan ke dalam mangkuk keramik tahan panas, berdiamter 10-12 cm. Setelah itu, soufflé dipanggang di dalam oven hingga menggembung. Setelah dikeluarkan dari oven, 5-10 menit kemudian soufflé akan mengempis dan menjadi agak hangat. Barulah soufflé disantap.

Banyak yang takut gagal dalam membuat soufflé yang lezat, cantik, dan mengembang. Menurut website Guardian, sebenarnya mudah saja membuat cake Perancis ini asal tahu triknya. Gunakan putih telur bersuhu ruang, ukur bahan-bahan dengan teliti, pakai oven yang sudah panas, dan jangan buka oven selagi soufflé dipanggang. Selain itu, siapkan bahan pelengkap sebelum mulai memasak soufflé.

Soufflé banyak disajikan hangat, namun bisa juga dikombinasikan dengan es krim dan buah atau saus. Meski demikian, ada pula versi dinginnya. Varian ini sebenarnya adalah mousse berbahan gelatin kental, buah, serta campuran krim. Teksturnya ringan karena mengandung banyak putih telur. Biasanya soufflé jenis ini disajikan dingin atau beku.


sumber:

food.detik.com/read/2012/06/11/121551/1937914/297/souffle-si-balon-yang-lembut-manis-gurih