Pages

Makanan Khas Thailand

Thailand, negara Gajah Putih yang menjadi salah satu tujuan wisata terbesar dalam 3 tahun terakhir ini. Berbagai tawaran dari travel maupun tour guide selalu mencantumkan nama kota Bangkok atau Phuket di urutan paling atas. Memiliki daya tarik eksotis mungkin bisa menjadi alasan mengapa Thailand tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Namun, bukan hanya hiburan dan keindahan pantainya saja, melainkan juga jelajah kuliner khas dari masyarakat Thailand yang berhasil memancing rasa penasaran wisatawan. Bagaimana dengan anda ?Memiliki rencana untuk berkunjung ke negara Gajah Putih ini dalam waktu dekat? Mengutip pepatah “Tak kenal maka tak sayang”, nah ini dia 10 jenis masakan Thailand yang sebaiknya kamu coba. Beberapa di antaranya bahkan sangat terkenal di mata dunia!

1. Tom Yum Gung

anda pastinya sudah tak asing dengan menu ini karena banyak disediakan juga di Indonesia, Tom Yam! Ciri khas yang

paling utama adalah komposisinya; udang yang renyah, jamur, tomat, daun serai, lengkuas, sampai air perasan daun jeruk purut. Terbayang rasanya, OpenRicers? Asam, asin, pedas dan segar! Di Thailand sendiri, Tom Yum bisa dipesan dengan campuran santan, mereka menyebutnya dengan Tom Yum Gung Nam Kohn. Salah satu tempat bersantap Tom Yum yang otentik bisa OpenRicers jumpai di Silom Road, Bangkok.

2. Gang Som Pak Ruam

Sup fusion manis, asam dan pedas ini dapat membangkitkan semangat OpenRicers yang mencobanya! Perpaduan wortel segar, daun kubis, dan kacang hijau (Pak Ruam) biasa juga disajikan bersamaan telur dadar dan sayuran hijau khas Thailand. OpenRicers bisa menemukan Gang Som Pak Ruam ini di Thanon Rangnam Road.


3. Gang Keow Wan
Menjadi menu yang selalu dicari-cari oleh wisatawan, menu ini mungkin lebih kita kenal dengan Kari Hijau Thailand. Campuran pasta kari hijau, rebung, irisan daging ayam, santan, daun basil, lengkuas, serai, hingga terong Thailand menjadikan kari ini terasa kaya akan rempah-rempah. OpenRicers bisa menikmatinya dengan sepiring nasi hangat, hmmm!



4. Panang Gai
Masih dari ranah kari Thailand, Panang Gai ini merupakan campuran pasta kari merah yang digoreng dengan suwiran daging ayam sebelum disirami santan. Bukan hanya rasa pedas saja yang akan langsung menyerbu lidah OpenRicers, masih ada esensi segar dari percikan air jeruk purut. Bayangkan sensasi pedas yang menyerbu lidah disertai tingkat keasaman segar!

5. Gang Massaman

Dikenal dengan jejeran kuliner berbumbu pekat, maka jangan heran jika OpenRicers banyak menemukan masakan kari disana. Bedanya, Gang Massaman ini dominan terasa lebih manis dibanding kari lainnya. Saus karinya dibuat dari kombinasi pasta kari, santan, dan rasa yang kuat dihasilkan dari kacang, sedikit pala dan kayu manis, hmmm terbayang harumnya? Massaman juga biasanya dibuat dengan suwiran daging ayam dan potongan kentang, rasa santannya juga lebih terasa. Cocok buat OpenRicers yang menyenangi masakan berbumbu pekat. 

6. Gai Pad Pongali

Berbahan dasar daging ayam, bawang, tomat, dan juga paprika, semuanya kemudian dicampurkan dengan pasta kari kuning. Teksturnya lebih halus, dan kelebihan lain yang menjadikan hidangan ini spektakuler adalah dengan adanya telur yang langsung diretakkan di atas menu sehingga lebih mengental dan bercampur dengan bahan lainnya. OpenRicers juga akan menemukan daun peterseli dalam porsi yang cukup banyak. Gai Pad Pongali juga nikmat bila disantap dengan nasi. 


7. Gang Jued

Jika menilik deretan makanan yang disajikan oleh negara Thailand, Gang Jued ini bisa dikatakan menjadi salah satu yang masuk dalam kategori makanan sehat. Mengapa demikian, jelas karena bahan dasarnya yang digunakan. Lihat saja, mulai dari wortel, kubis, bawang, tahu, soun, daging bacon yang dicincang halus, hingga daun peterseli segar. Tampilannya nampak seperti pelangi, dominasi warna-warni sayuran dan fresh!


8. Jim Jum

Nama makanan yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga OpenRicers. Tampilannya pun lebih fantastis jika dibandingkan daftar sebelumnya. Menggunakan potyang terbuat dari tanah liat, Jim Jum merupakan kaldu aromatik terbuat dari daging bacon yang direbus bersamaan dengan kubis, telur, soun, dan daun basil khas Thailand. Semua bahan yang direbus bersamaan dalam pot tanah liat ini menghasilkan sup bergizi yang sangat sehat!

9. Kao Na Phet

Bebek panggang, jamuan daging yang satu ini merupakan spesialisasi di sebagian besar negara di Asia. Kao Na Phet adalah salah satu menu andalan dengan bahan dasar bebek, disajikan secara nikmat di atas piring, nasi dengan pilihan bagian daging bebek. Dilengkapi juga dengan sup bebek, menu ini bisa OpenRicers temukan di deretan Chinatown, Bangkok.



10. Kai Jiew Moo Saap

Sudah sangat jelas dan mudah untuk dilakukan kebanyakkan orang, dadar telur. Masakan Thailand yang satu ini juga menggunakan dadar telur sebagai gaya memasaknya, rasanya lebih diperkaya dengan campuran kecap ikan dan daging bacon yang dicincang halus. Campuran telur ini kemudian ditambahkan ke atas nasi hangat, dan sesuai selera OpenRicers baiknya dikombinasikan dengan saus sambal. 


sumber :