Pages

Makanan Khas Jepang

Sushi

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. 







Sashimi

Sashimi adalah
daging ikan yang diiris tipis2 dan disajikan apa adanya alias mentah. Biasanya sashimi merupakan sajian pembuka dalam makanan jepang. Tapi, terkadang juga sebagai makanan utama, dengan nasi dan miso soup yang dihidangkan secara terpisah.
Sashimi dihidangkan dengan saus shoyu dan wasabi. Cara makannya, siapkan shoyu dalam mangkuk kecil,campur dengan wasabi secukupnya, kemudian celup sashimi kedalamnya dan siap untuk dimakan. Perlu diperhatikan, wasabi ini punya rasa yang keras di hidung, jadi lebih baik jangan banyak2.
Ikan yang biasa digunakan untuk sashimi antara lain: Sake (Salmon), Ebi (Udang), Maguro (tuna), Tako (Cumi) dan lain2. Yang jelas dagingnya harus masih fresh. 

Yakiniku

Sebenarnya, yakiniku adalah barbecue ala Korea yang diadaptasi orang Jepang. Secara harfiah, yakiniku ini bisa diartikan sebagai daging bakar. Memang cara mengolahnya adalah di bakar.
Namun yang dibakar ternyata tidak hanya daging. Seperti yakitori, orang Jepang juga menikmati jeroan yang dibakar dan dinikmati dengan saus khusus. 
Nagashi Soumen

Jika musim dingin identik dengan nabe, maka musim panas adalah saat yang tepat untuk menikmati nagashi soumen. Nagashi soumen ini disebut juga dengan mi soba dingin.
Cara menikmati nagashi soumen ini juga sedikit berbeda dengan mi pada umumnya. Sebab mi mengalir dari batang kayu dan Anda harus menyiapkan sumpit serta mangkuk untuk menangkapnya. 

Okonomiyaki

Belum lengkap rasanya menikmati kuliner Jepang jika belum menengok okonomiyaki asal Osaka. Secara harfiah, okonomiyaki adalah panggang sesuka hati.
Kenapa disebut demikian? Sebab okonomiyaki mirip seperti omelet yang dicampur dengan sayuran sesuai dengan favorit masing-masing orang. Setelah dipanggang, okonomiyaki ditaburi dengan saus, rumput laut, ikan cakalang kering, dan mayonnaise.

Takonomiyaki
Seperti okonomiyaki, takoyaki ini juga cocok dijadikan sebagai camilan saja. Takoyaki bentuknya bulat yang rasanya gurih di luar namun lembut di dalam. Karena bernama tako (gurita), tentu saja Anda juga akan menemukan potongan gurita di dalam takoyaki.
Taburan takoyaki juga mirip seperti okonomiyaki. Seperti rumput laut, ikan cakalang kering, saus, dan mayonnaise. Cara memakannya adalah dengan menggunakan tusuk gigi.