Pages

Makanan Khas Perancis

Perancis, negara yang terdapat di salah satu belahan benua eropa ini mempunyai makanan khas negaranya. Berikut ini terdapat 9 makanan khas negara Perancis yang wajib kamu ketahui.


1. Ayam Marengo


ayam marengo adalah masakan khas Perancis, konon dibuat khusus oleh chef-nya Napoleon Bonaparte sebagai perayaan atas kemenangan Perancis terhadap Italia, di suatu tempat bernama Marengo.



2. Coq Au Vin

Tentu saja, masakan Prancis tidak terbatas hanya hidangan roti, keju dan daging dingin     ( cold meat). Hidangan daging sapi paling terkenal dari Prancis adalah bouef bourguinon. Anda belum makan ayam sampai Anda sudah mencicipi coq au vin. Dan menu untuk hidangan ikan, Prancis punya 1001 resep.


3. Boeuf Bourgignon

Apakah Anda lebih suka anggur-rebus salmon      ( wine poached salmon), udang cognac, sup krim lobster, atau coquilles Saint-Jacques (tiram), masing-masing lebih enak dari yang lain dalam masakan Paris.




4. Crepes
Dalam masakan Prancis, makan tidak akan lengkap tanpa buah.Seperti yang lain, orang Prancis bangga dengan buah2an mereka yang baru tumbuh seperti ceri Montmorency, apel dan pir Groslay Faro, yang tersedia musiman ditiap pasar di Perancis.
Masakan Prancis juga nikmat digabungkan antara buah segar dengan minuman.
Peach direndam dalam Cointreau, ceri dengan cognac, pir dengan Grand Marnier, dan yang tidak pernah diabaikan dalam masakan favorit Prancis, stroberi dengan sampanye.

5. Chocolate Mousse

Sampai pada makanan penutup, crepes, creme brulee dan mousse cokelat adalah pokok penting dalam masakan Prancis yang telah disalin dengan cara yang unik di banyak negara di dunia.
Prancis bangga bahwa makanan penutup mereka telah menjadi standar keunggulan ketika memuaskan semua pencinta kuliner di dunia melalui makanan penutup khas Prancis.


6. L'escargot
L’escargot adalah makanan khas Perancis yang biasa disajikan sebagai hidangan pembuka (apetizer). Escargot ini sangat populer di Perancis, sampai-sampai hampir semua restoran Perancis mempunyai escargot dalam daftar menunya. Escargot dalam bahasa Perancis disebut l’escargot, snail dalam bahasa Inggris, dan siput dalam bahasa Malaysia.

7. Carpacio de st. Jacques

Menu ini merupakan perpaduan quinoa seeds, irisan tiram, avokad, dan markisa. Rasa segar dari menu pembuka ini berasal dari siraman sitrus dan minyak zaitun. Tekstur tiram juga sangat lembut dan rasa gurih muncul dari tobuki (telur ikan terbang).



8. Soupe a l' oignion

Hidangan sup yang dibuat sangat unik.  Menu ini merupakan sup bawang, yang didalamnya terdapat es krim bawang. Es krim terbuat dari bawang merah, susu, krim, rasanya manis dan gurih. Campuran es krim, kuah sup dengan irisan bawang bombay, cottage cheese, ternyata bisa berpadu sangat pas.


9. L'oyster 

Makanan Khas Orang Perancis saat Natal. Menu ini  sering dikonsumsi saat Natal tiba. Oyster ini dimakan dalam keadaan hidup tanpa masak. Pernah tengok tak citer Mr.Bean, dalam citer 2 Mr.Bean berlakon di Perancis & makan menu ini.




sumber :